top of page

Wagub Kalteng: Suara Generasi Muda Menentukan Masa Depan Bangsa!


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, menghadiri acara Sosialisasi dan Ikrar Peningkatan Partisipasi dalam Pemilu bagi Pelajar SMA/SMK/SLB Se-Kalimantan Tengah Tahun 2024 di SMAN 2 Palangka Raya pada Senin (12/2/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya yang diadakan setiap lima tahun sekali untuk meningkatkan partisipasi pemilih di kalangan generasi muda.


Dalam sambutannya, Wagub Kalteng H. Edy Pratowo menjelaskan mengenai program pemilu yang diselenggarakan oleh pemerintah, termasuk peran KPU dalam mengatur jalannya pemilu dengan baik melalui partisipasi pemilih. Ia mengajak seluruh pelajar SMA/SMK/SLB Se-Kalteng yang sudah memiliki usia pemilih untuk tidak Golput, karena suara mereka memiliki peran penting dalam menentukan pemimpin, baik di tingkat nasional maupun daerah.


"Pada tanggal 14 Februari nanti pemilihan umum akan digelar di seluruh tanah air termasuk di Kalteng, ayo kita datang ke TPS, gunakan Hak Pilih kita sesuai dengan hati nurani masing-masing. Suara kita, masa depan bangsa Indonesia," ucapnya.


Harmain, Komisioner KPU, juga menekankan bahwa pelajar yang telah memiliki E-KTP dapat mengecek TPS tempat mendaftar melalui website resmi KPU. Bagi yang belum memiliki E-KTP, pelajar SMA/SMK/SLB masih bisa menggunakan hak suaranya asalkan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, yang dapat dicek secara online.


"Pelajar yang sudah terdaftar dalam DPT dapat hadir ke TPS dan akan mendapatkan surat pemberitahuan atau undangan beberapa hari sebelum pemilihan. Pemilih yang terdaftar di DPT dapat mulai memilih mulai pukul 07.00 -13.00," tegasnya.


Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, M. Reza Prabowo, menambahkan bahwa hari tersebut merupakan momen penting untuk pengecekan DPT secara online di Kalteng. Ia mendorong pelajar yang memiliki hak pilih dan terdaftar dalam DPT untuk menggunakan hak suaranya dengan bijaksana, sebagai wujud semangat partisipasi aktif generasi muda dalam memajukan bangsa.

Acara ini dihadiri secara daring oleh Kepala Sekolah, guru, serta siswa/siswi SMA/SMK/SLB Se-Kalimantan Tengah.


Kegiatan ini sangat penting dalam meningkatkan kesadaran politik dan partisipasi pemilih, terutama di kalangan generasi muda. Melalui sosialisasi dan pengecekan DPT secara online, diharapkan para pelajar dapat terlibat secara aktif dalam proses demokrasi dan berperan serta dalam menentukan masa depan bangsa. -red



Sumber : mmc.kalteng

コメント


bottom of page