top of page

Wajib Tahu! 5 Soft Skill yang Mahasiswa Perlu Kuasai


Kalteng Network – Kuliah mungkin menjadi salah satu pilihan untuk para pembaca cerdas menggapai mimpi atau cita-cita. Tapi ternyata kuliah lebih dari itu. Dengan duduk di bangku kuliah, kamu secara sadar atau tidak pasti akan mengasah kemampuanmu baik itu berpikir, berperilaku bahkan menyelesaikan masalah-masalah yang bermunculan.

Berikut ini merupakan soft skill atau kemampuan yang wajib kamu miliki sebelum kamu masuk dalam dunia kerja, simak selengkapnya!


1. Adaptasi

Terkesan sepele namun ini merupakan kemampuan yang tidak semua orang mampu lakukan. Kemampuan beradaptasi yang baik membuat kamu menjadi mudah berbaur dengan lingkungan sekitar, sehingga memudahkan kamu untuk melakukan interaksi lebih lanjut.Oleh sebab itu, sebisa mungkin kamu harus mampu membiasakan diri dengan beradaptasi dengan lingkungan baru. Bisa mulai hal-hal kecil semisal melakukan


2. Problem Solving

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam menggunakan akal pikiran untuk dapat berpikir secara rasional. Prinsip dalam berpikir kritis ini adalah menilai, menganalisis, dan mengembangkan pemikiran.

Seorang pemikir kritis akan mampu menghadirkan pertanyaan penting, mengumpulkan serta menilai informasi yang relevan, menghasilkan kesimpulan yang rasional, berpikiran terbuka dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Kemampuan inilah yang akan membantu kamu dalam memecahkan masalah.


3. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi atau interpersonal skill merupakan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini mencakup mendengar, menulis, mediasi, negosiasi, serta memotivasi.


4. Manajemen waktu

Selanjutnya adalah manajemen waktu. Dengan memiliki manajemen waktu, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas dengan seefektif mungkin, menghindari stres, tujuan tercapai, dan lain sebagainya. Banyak cara untuk bisa memanage waktu, seperti membaca buku , menggunakan aplikasi yang membantu to do list seperti memo, menggunakan skala penting-tidak penting, mendesak-tidak mendesak.


5. Kemampuan Bekerja Dalam Tim

Bagi sebagian orang, bekerja sama dalam satu tim merupakan hal yang tidak mudah. Namun kemampuan kerjasama akan sangat dibutuhkan ketika kamu bekerja nanti. Oleh sebab itu kemampuan ini menjadi salah satu skill yang harus diasah ketika kuliah. Kerja sama dalam sebuah tim akan membantu diri kamu untuk terus maju dan berkembang. Kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sehingga kamu bisa menempatkan bagaimana seharusnya kamu bekerja dalam tim tersebut. Hal yang dituntut dalam kerja sama ini adalah memahami aksi reaksi, situasi, kondisi, empati, adaptasi, serta kecerdasan emosional.

Nah itu dia pembaca cerdas, lima kemampuan yang sangat dibutuhkan baik di kehidupan pribadi maupun dalam dunia kerja.


Kehidupan pribadi dalam setiap aktivitasnya membutuhkan komunikasi dan dalam dunia kerja. Kamu akan dituntut bekerja sama dengan orang lain, mempresentasikan rencana, dan hasil kerja, negosiasi bersama klien, dan lain sebagainya.


Oleh sebab itu kemampuan atau soft skill ini harus kamu kuasai dahulu sebelum masa perkuliahanmu selesai dan terjun ke dunia kerja langsung.-red

Comments


bottom of page