top of page

Wakil Gubernur Edy Pratowo Pimpin Seminar Nasional ISEI Palangka Raya 2023


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Edy Pratowo, secara resmi membuka Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Palangka Raya Tahun 2023 di Aula Betang Hapakat Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, Jalan Diponegoro No.11, Palangka Raya, pada Kamis (14/12/2023). Tema seminar kali ini adalah "Strategi, Tantangan, dan Peluang Pengembangan UMKM di Era Transformasi Digital."


Dalam sambutannya, Wagub H. Edy Pratowo menyampaikan apresiasi dari Pemprov Kalteng terhadap penyelenggaraan Seminar Nasional ISEI Tahun 2023. Beliau mengungkapkan bahwa persaingan di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin ketat dalam konteks ekonomi digital yang terus berkembang.


H. Edy Pratowo mengingatkan bahwa meskipun ekonomi digital mengalami kemajuan, tidak semua UMKM di Indonesia telah menerapkan konsep digital karena kurangnya pengetahuan atau fasilitas pendukung ekonomi digital. UMKM di Indonesia memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional, tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi tetapi juga untuk menyerap tenaga kerja, membantu mengatasi masalah pengangguran.


Dalam menghadapi tantangan ke depan, H. Edy Pratowo menyoroti bahwa peluang di era digital semakin terbuka. Permintaan terhadap produk-produk kreatif melalui sektor UMKM meningkat, gaya hidup digital berkembang, dan bonus demografi tahun 2045 menjadi potensi untuk memajukan sektor usaha.


Lebih lanjut, H. Edy Pratowo menekankan pentingnya memanfaatkan digitalisasi dalam bisnis, terutama dengan munculnya industri 4.0 dan transformasi digital. Di Kalteng, penguatan perekonomian masyarakat tetap menjadi fokus Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalteng. Peningkatan produksi dan produktivitas UMKM menjadi prioritas, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.


H. Edy Pratowo menegaskan bahwa sinergi antar lembaga, termasuk BUMN, perbankan, biro/agen jasa, dan ISEI, sangat diperlukan untuk memberdayakan UMKM di daerah. Sinergi ini diharapkan dapat membawa manfaat luas dan memberikan efek berganda, mendukung UMKM untuk berkembang digital, dan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi daerah serta kesejahteraan masyarakat.


Beliau berharap langkah yang diambil dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kalimantan Tengah, membangun masyarakat yang maju, mandiri, dan adil menuju Kalteng yang makin berkah.


Acara juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, perwakilan BI Provinsi Kalteng, Kepala OJK Kalteng, akademisi dari FEB UPR Palangka Raya, perwakilan perbankan, pelaku UMKM, serta peserta dari ISEI Se-Kalteng. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comentarios


bottom of page