top of page

Warga Baun Bango Dilatih Mengolah Produk Pangan Hasil Perikanan



KALTENG NETWORK, KASONGAN - Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Katingan melatih warga Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang, untuk mengolah produk pangan hasil perikanan. Kegiatan berlangsung di Aula Desa Baun Bango, Selasa (3/9/2024).


Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja Kabupaten Katingan, Camat Kamipang, serta sepuluh peserta pelatihan yang terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri setempat.


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengolah produk perikanan, sekaligus mendorong kemandirian ekonomi masyarakat lokal.


Dalam sambutannya, Camat Kamipang memberikan apresiasi tinggi atas terlaksananya pelatihan tersebut. Dia menekankan pentingnya para peserta mengikuti pelatihan dengan tekun agar nantinya dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam membuat produk olahan ikan secara mandiri.


"Saya sangat mengapresiasi pelatihan ini dan berharap para peserta dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh. Semoga pelatihan ini dapat berkelanjutan sehingga para peserta mampu membuat produk sendiri yang bernilai jual," ungkap Camat Kamipang.


Lebih lanjut, Camat juga berharap bahwa pelatihan dapat memberikan motivasi dan inovasi kepada peserta serta masyarakat Kamipang lainnya untuk terus meningkatkan taraf hidup mereka. Sebab, pelatihan-pelatihan sangat penting untuk membekali masyarakat dengan keterampilan baru yang dapat membantu mereka menciptakan peluang ekonomi yang lebih baik.


"Kami berharap semua pihak terkait, baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat, dapat mendukung kegiatan-kegiatan pelatihan semacam ini. Bukan hanya dalam pengolahan ikan, tetapi juga keterampilan lain seperti membatik, anyaman rotan, dan perbekalan yang perlu dikembangkan di Kecamatan Kamipang," tambahnya.


Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja Kabupaten Katingan, Supardie menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan masa muda untuk terus berkreasi dan belajar berbagai keterampilan yang dapat menunjang masa depan.


"Kita harus mempersiapkan diri selagi masih muda untuk terus berkreasi dan belajar keterampilan yang menunjang masa depan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mandiri dan tidak selalu bergantung pada penghasilan suami atau istri. Ini adalah langkah awal untuk persiapan masa depan yang lebih baik," ujarnya.


Selain itu juga, dia menekankan pentingnya komitmen untuk melanjutkan hasil pelatihan ini, agar kegiatan yang telah dilakukan tidak berhenti begitu saja setelah pelatihan selesai. "Jangan sampai setelah pelatihan ini selesai, kegiatan dan semangatnya juga ikut berhenti. Harus ada komitmen untuk terus melanjutkan apa yang telah dipelajari," tegasnya.


Ia menyampaikan bahwa Kamipang direncanakan sebagai sentra industri olahan berbahan ikan. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk dilaksanakan di sini.


"Kami melihat potensi Kamipang sebagai sentra industri olahan berbahan ikan. Itulah sebabnya pelatihan ini kami laksanakan di sini, dengan harapan masyarakat setempat dapat menjadi pelaku utama dalam industri ini," kata Kepala Bidang Perindustrian.


Pelatihan diikuti oleh sepuluh peserta yang terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri dari Desa Baun Bango. Mereka akan mendapatkan pelatihan langsung dari pelatih selama tiga hari sedangkan pelatih atau narasumbernya didatangkan dari Banjarmasin, Kalsel yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidang pengolahan produk pangan berbahan dasar ikan. -red

Comments


bottom of page