top of page

Yuas Elko : Tingkat Inflasi Kalteng Tetap Terkendali pada Pekan Terakhir November


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Yuas Elko, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi tahun 2023 secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah Kantor Gubernur Kalteng pada Senin (27/11/2023). Rakor dipimpin oleh Irjen Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir.


Dalam arahannya, Tomsi Tohir menyampaikan bahwa kondisi inflasi suatu daerah sangat bergantung pada iklim yang terjadi. Meskipun curah hujan tinggi diharapkan dapat mendukung penurunan inflasi, perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan musibah. Ia juga menyoroti 10 provinsi dengan Indeks Perkembangan Harga (IPH) tertinggi, antara lain Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, dan Lampung, serta meminta perhatian khusus terhadap perubahan harga di daerah tersebut.


Pudji Ismartini, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik, melaporkan bahwa sebanyak 71,14% kabupaten/kota di Pulau Luar Jawa dan Sumatera mengalami kenaikan IPH. Poso mencatat kenaikan tertinggi dengan nilai IPH sebesar 5,36%. Komoditas seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, dan telur ayam ras terus mengalami kenaikan harga, khususnya cabai merah yang fluktuasinya signifikan di seluruh Indonesia.


Usai rakor, Yuas mengungkapkan bahwa inflasi minggu keempat November 2023 di Kalteng sebesar 2,51%, masih masuk kategori aman secara nasional. Di Kotim, tingkat inflasi bahkan mencapai 2,48%, terendah secara nasional. Menjelang natal dan tahun baru, Pemerintah bersama BULOG telah menyiapkan tambahan stok untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan program bantuan pangan. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan inflasi dengan melaksanakan pasar pangan murah dan pemantauan harga oleh tim satgas.


Keberadaan unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal, dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng turut mendukung kehadiran Yuas Elko dalam rakor. Secara virtual, berbagai pihak seperti Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional, Deputi III Bidang Perekonomian Kantor Staf Presiden, serta perwakilan dari Kementerian Perdagangan, Pertanian, dan BULOG ikut serta dalam rapat.


Tampak pula hadir secara virtual, Sesjamdatun Raden Febrytriyanto, yang mewakili Panglima TNI, serta Staf Ahli Tingkat II Ekonomi Keuangan Eko Nursanto. Gubernur, Bupati, dan Wali Kota dari seluruh Indonesia juga turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut. -red



Sumber : mmc.kalteng


Commentaires


bottom of page